Governansi

Eksportir Tiongkok Bersiap Sediakan Data GRK Jelang Penerapan Bea Emisi Impor di Uni Eropa

ESG Update – Eksportir produk-produk tertentu yang intensif karbon termasuk produk-produk dari Tiongkok memiliki waktu enam bulan lagi untuk menyiapkan sistem pengumpulan, penghitungan, dan pelaporan data emisi guna membantu pelanggan mereka di Eropa memenuhi persyaratan pengungkapan informasi menjelang peluncuran bea masuk karbon pertama di dunia atas impor. Demikian disampaikan seorang ahli pajak.

Dikutip dari South China Morning Post, Perusahaan yang tidak menyediakan data emisi gas rumah kaca (GRK) pada produknya mungkin berisiko ditinggalkan oleh pelanggan mereka ketika Uni Eropa mulai mewajibkan importir untuk menyerahkan data aktual mulai kuartal ketiga tahun 2024, kata Andrea Yue, mitra Ernst & Young yang berbasis di Beijing.

Selama tiga kuartal hingga akhir bulan Juni tahun ini, importir diperbolehkan menggunakan perkiraan “default” – yaitu rata-rata dunia yang telah ditetapkan – dalam pengajuan pengungkapannya. Setelah itu, importir UE mungkin meminta eksportir Tiongkok untuk memberikan data aktual untuk tujuan deklarasi.

Data yang dapat diandalkan diperlukan untuk menentukan pajak karbon, yang akan diberlakukan UE mulai tahun 2026. Mekanisme ini disebut Mekanisme Penyesuaian Perbatasan Karbon (CBAM), yang akan didasarkan pada emisi produk impor dan harga kuota karbon UE yang berlaku, dikurangi pajak karbon apa pun yang dibayarkan di negara asal eksportir.

“CBAM adalah sebuah perkembangan yang revolusioner, karena ini adalah pertama kalinya secara global pajak dikenakan terhadap emisi gas rumah kaca dari produk yang diekspor,” kata Yue kepada Post. “Pemerintah di wilayah lain, seperti Amerika Utara, juga mempertimbangkan pajak serupa. Saya yakin ini akan menjadi tren internasional.”

Rezim pelaporan dan perpajakan berlaku untuk enam jenis barang dengan emisi tinggi: listrik, baja, aluminium, semen, bahan kimia, dan hidrogen. Penerapannya akan dilakukan secara bertahap. Importir yang tidak patuh dapat dikenakan denda sebesar €10 (US$10,70) hingga €50 per ton emisi yang tidak dilaporkan.

Tiongkok adalah sumber impor terbesar yang tercakup dalam CBAM, berjumlah €20 miliar pada tahun 2022, atau 3,2 persen dari seluruh barang Tiongkok yang diekspor ke UE, kata Yue, mengutip statistik resmi UE. Ekspor Tiongkok yang terkena dampak terbesar adalah baja dan aluminium.

CBAM bertujuan untuk mencegah perusahaan mengganti manufaktur yang berbasis di UE dengan impor dari negara-negara non-UE yang memiliki kebijakan iklim yang lebih longgar, sehingga mengimbangi upaya UE untuk mengurangi emisi. Hal ini berupaya untuk mencapai hal ini dengan menghapuskan insentif bagi perusahaan untuk merelokasi manufaktur sekaligus mendorong mereka untuk berinvestasi pada fasilitas dekarbonisasi di pabrik-pabrik di UE.

Komisi Eropa pada tanggal 6 Februari mengajukan proposal legislatif mengenai target pengurangan emisi karbon UE sebesar 90 persen pada tahun 2040 dari tingkat emisi tahun 1990.

Kumpulan data emisi langsung dan tidak langsung triwulanan yang pertama dijadwalkan untuk diserahkan pada tanggal 31 Januari, namun hal ini telah ditunda selama satu bulan untuk memastikan sistem pelaporan data pemerintah Uni Eropa akan berfungsi dengan baik dan memberikan lebih banyak waktu bagi pemberi pernyataan untuk melakukan persiapan, kata Yue.

“Aturan CBAM yang tertuang dalam dokumen setebal beberapa ratus halaman sangat rumit, begitu pula dengan pengembalian yang harus diajukan oleh importir,” ujarnya. “Bagi eksportir Tiongkok, mereka memiliki waktu sekitar enam bulan untuk belajar menyediakan data yang dibutuhkan oleh pelanggan UE mereka. “Hal yang paling banyak kami bantu untuk klien kami akhir-akhir ini adalah edukasi, seperti produk apa saja yang termasuk dalam lingkup CBAM, bagaimana cara menghitung emisi yang relevan, dan mengajukan pengembaliannya.”

Hingga akhir tahun depan, tepat sebelum retribusi pertama diberlakukan, verifikasi data emisi oleh pihak ketiga eksternal akan bersifat sukarela. Tidak jelas apakah hal ini akan menjadi wajib. Dalam jangka panjang, permintaan untuk audit pengungkapan mungkin meningkat, kata Yue.

Proses ini dapat membebani dan membebani eksportir Tiongkok dalam jangka pendek, kata Yue. Dan mengingat rendahnya harga izin karbon di Tiongkok, kemungkinan besar importir harus membayar pajak pada tahun 2026, sehingga membebankan biaya tersebut kepada eksportir, tambahnya.

“Tetapi dampak jangka pendeknya mungkin membawa manfaat jangka panjang karena akan menambah tekanan untuk meningkatkan fasilitas dan proses produksi guna menurunkan jejak emisi,” katanya. “Dalam jangka panjang, jika kita menganggap ini sebagai peluang, maka ini bisa menjadi hal yang baik.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like