Sustainalytics merupakan salah satu perusahaan berbasis riset yang menyediakan data terkait Environmental, Social and Governance (ESG). Perusahaan ini juga melakukan rating terkait skor ESG pada berbagai sektor industri. Sebagai salah satu upaya untuk menghasilkan rating berkualitas serta dapat dipertanggungjawabkan, Sustainalytics membuat kategori materialitas suatu isu terhadap perusahaan. Istilah resminya adalah Material ESG Issues and Corporate Governance yang disingkat dengan MEI.

Berikut ini adalah terjemahan kategori materialitas tersebut dari publikasi Sustainalytics yang berjudul The ESG Risk Ratings Definitions of Material ESG Issues and Corporate Governance.

MEI.0 Tata Kelola Perusahaan

Tata Kelola Perusahaan terdiri dari enam pilar: Kualitas dan Integritas Board/Manajemen; Struktur Board; Kepemilikan dan Hak Pemegang Saham; Remunerasi; Audit dan Pelaporan Keuangan; dan Tata Kelola Pemangku Kepentingan. Keenam pilar ini mewakili struktur dasar untuk pengelolaan risiko ESG.

MEI.1 Akses ke Layanan Dasar

Akses ke Layanan Dasar berfokus pada pengelolaan akses ke produk atau layanan penting seperti layanan perawatan kesehatan dan produk untuk masyarakat atau kelompok yang kurang beruntung.

MEI.3 Penyuapan dan Korupsi

Suap dan Korupsi berfokus pada manajemen risiko yang terkait dengan dugaan atau fakta pembayaran terlarang, seperti gratifikasi, suap dan uang pelicin kepada pejabat pemerintah, pemasok atau mitra bisnis lainnya, serta penerimaan pembayaran tersebut dari pemasok atau mitra bisnis. Jika ini bukan materi dalam hak mereka sendiri untuk sub industri, ini masalah ditangani dalam MEI.4 Etika Bisnis.

MEI.4 Etika Bisnis

Etika Bisnis berfokus pada pengelolaan etika profesional umum, seperti perpajakan dan akuntansi, praktik anti persaingan, dan masalah kekayaan intelektual. Etika Bisnis dapat mencakup Suap dan Korupsi untuk sub industri yang tidak memiliki Suap dan Korupsi sebagai materi isu ESG tersendiri. Khusus sub industri tambahan topik – seperti Etika Medis dan Etika mengenai penyediaan Layanan Keuangan, dll. – juga dapat disertakan dalam isu ini. Selain itu, pertimbangan etis terkait pemilihan pelanggan juga dapat disertakan di sini untuk beberapa sub industri jika produk atau layanan dapat digunakan untuk melanggar Hak Asasi Manusia.

MEI.5 Hubungan Masyarakat

Hubungan Masyarakat berfokus pada bagaimana perusahaan terlibat dengan masyarakat lokal (termasuk masyarakat adat) melalui keterlibatan masyarakat, pengembangan masyarakat dan/atau langkah-langkah untuk mengurangi dampak negatif terhadap masyarakat lokal.

MEI.6 Privasi dan Keamanan Data

Privasi dan Keamanan Data berfokus pada praktik tata kelola data, termasuk cara perusahaan mengumpulkan, menggunakan, mengelola, dan melindungi data. Penekanannya terletak pada langkah-langkah yang diambil untuk memastikan penggunaan dan/atau pemeliharaan data pelanggan yang dapat diidentifikasi secara pribadi.

MEI.7 Emisi, Efluen, dan Limbah

Emisi, Efluen, dan Limbah berfokus pada pengelolaan emisi dan pelepasan dari operasi perusahaan ke udara, air dan tanah, tidak termasuk emisi GRK. Bergantung pada sub industrinya, penekanan diberikan pada satu atau beberapa di antara jalur pembuangan limbah tersebut.

MEI.8 Karbon – Operasional

Karbon – Operasi Sendiri mengacu pada manajemen risiko perusahaan yang terkait dengan penggunaan energi operasionalnya sendiri dan emisi GRK (scope 1 dan 2). Ini juga termasuk bagian dari emisi scope 3, seperti transportasi dan logistik. Ini tidak termasuk emisi dalam rantai pasok atau selama fase penggunaan/siklus akhir masa pakai suatu produk.

MEI.8.PS Carbon – Produk dan Layanan

Karbon – Produk dan Layanan mengacu pada manajemen perusahaan atas efisiensi energi dan/atau emisi GRK dari layanan dan produk selama fase penggunaan. Ini tidak termasuk risiko karbon terkait dengan layanan keuangan, yang dipertimbangkan dalam MEI.17 Integrasi ESG – Keuangan.

MEI.9 Dampak Lingkungan dan Sosial dari Produk dan Layanan

Dampak Lingkungan dan Sosial dari Produk dan Layanan mengacu pada pengelolaan dampak lingkungan atau sosial dari produk atau layanan, termasuk: karakteristik yang melekat pada bahan input, baik positif maupun negatif, dampak selama penggunaan, pembuangan, serta daur ulang. Dampak Lingkungan dan Sosial dari Produk dan Layanan dapat mencakup dampak karbon jika Karbon – Produk dan Layanan tidak dianggap sebagai isu ESG yang material bagi sub industri tersebut.

MEI.12 Hak Asasi Manusia

Hak Asasi Manusia berfokus pada bagaimana perusahaan mengelola dan menghormati hak asasi manusia dalam operasi perusahaan. Penekanan terletak pada langkah-langkah yang diambil untuk melindungi hak-hak sipil dan politik serta hak-hak ekonomi, sosial dan budaya, termasuk anak dan kerja paksa.

MEI.12.SC Hak Asasi Manusia – Rantai Pasok

Hak Asasi Manusia – Rantai Pasok berfokus pada manajemen perusahaan atas masalah hak asasi manusia mendasar yang terjadi di dalam rantai pasoknya. Untuk sub industri yang mengandalkan “mineral konflik”, ini juga mencakup penanganan “mineral konflik” oleh perusahaan dalam rantai pasoknya.

MEI.13 Modal Manusia

Human Capital (Modal Manusia) berfokus pada pengelolaan sumber daya manusia. Ini termasuk manajemen risiko yang berhubungan dengan kelangkaan tenaga kerja terampil melalui program retensi dan rekrutmen, dan mencakup langkah-langkah pengembangan karier seperti program pelatihan. Selain itu, juga mencakup masalah hubungan perburuhan, seperti pengelolaan kebebasan berserikat dan non-diskriminasi, serta jam kerja dan upah minimum.

MEI.14 Penggunaan Lahan dan Keanekaragaman Hayati

Penggunaan Lahan dan Keanekaragaman Hayati berfokus pada bagaimana perusahaan mengelola dampak operasi mereka terhadap lahan, ekosistem, dan satwa liar. Topik yang dibahas meliputi konversi lahan, rehabilitasi lahan dan pengelolaan hutan, serta perlindungan keanekaragaman hayati dan ekosistem.

MEI.14.SC Penggunaan Lahan dan Keanekaragaman Hayati – Rantai Pasok

Penggunaan Lahan dan Keanekaragaman Hayati – Rantai Pasok berfokus pada bagaimana perusahaan mengelola dampak operasi pemasok mereka terhadap tanah, ekosistem dan satwa liar.

MEI.16 Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kesehatan dan Keselamatan Kerja berfokus pada pengelolaan bahaya di tempat kerja yang berdampak pada karyawan perusahaan itu sendiri dan kontraktor di lokasi operasi. Jika relevan, isu tersebut juga dapat mencakup program HIV/AIDS.

MEI.17 Integrasi ESG – Keuangan

Integrasi ESG – Finansial mencakup semua kegiatan integrasi ESG oleh lembaga keuangan yang didorong baik oleh pertimbangan risiko penurunan keuangan ataupun pertimbangan peluang bisnis. Masalah ini termasuk aset institusi itu sendiri, termasuk investasi langsung, kredit korporasi atau saham dalam pembiayaan proyek, serta aset yang dikelola untuk klien. Penawaran produk dapat menjangkau spektrum jenis produk yang luas, mulai dari dana investasi ESG, produk keuangan mikro, dan sebagainya. Masalah ini juga mencakup pertimbangan kriteria ESG dalam investasi real estate, seperti inisiatif green building.

MEI.18 Tata Kelola Produk

Tata Kelola Produk berfokus pada bagaimana perusahaan mengelola tanggung jawab terhadap klien (kualitas dan/atau keamanan produk dan layanan mereka). Penekanan diberikan pada sistem manajemen mutu, praktik pemasaran, penagihan yang adil, dan tanggung jawab pasca penjualan. Untuk perusahaan media, masalah ini juga mencakup pengelolaan standar terkait konten, seperti standar jurnalistik dan perlindungan narasumber (Etika Media).

MEI.19 Ketahanan

Ketahanan berfokus pada stabilitas keuangan dan pengelolaan risiko terkait di industri jasa keuangan, dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan modal. Masalah ini berlaku untuk lembaga keuangan yang menimbulkan risiko sistemik dan oleh karena itu terdapat potensi biaya eksternal bagi masyarakat jika terjadi bail-out oleh wajib pajak.

MEI.20 Penggunaan Sumber Daya

Penggunaan Sumber Daya berfokus pada seberapa efisien dan efektif perusahaan menggunakan input bahan mentahnya (tidak termasuk energi dan produk berbasis minyak bumi) dalam produksi dan bagaimana mengelola risiko terkait. Meskipun penggunaan air adalah fokus utama, masalah ini juga dapat mencakup pengelolaan bahan baku penting yang langka atau sulit diakses, melalui program daur ulang, substitusi bahan yang kurang langka dan/atau desain ramah lingkungan.

MEI.20.SC Penggunaan Sumber Daya – Rantai Pasok

Penggunaan Sumber Daya – Rantai Pasok berfokus pada seberapa efisien dan efektif perusahaan mengelola risiko terkait kelangkaan air dan input bahan mentah (tidak termasuk produk berbasis energi dan minyak bumi) dalam rantai pasoknya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like