Ekonomi Hijau

Jamkrindo Gandeng Plasticpay dan Republika Luncurkan Program ‘Trash4Cash’

ESG Update – Jamkrindo bersama Plasticpay dan Republika menekan sampah plastik melalui program ‘Trash4Cash’. Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan terhadap Environmental, Social, and Governance (ESG), yang membantu perusahaan untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Dengan menerapkan praktik bisnis yang ramah lingkungan, seperti pengurangan emisi karbon, pengelolaan limbah yang lebih baik, dan konservasi sumber daya alam, perusahaan dapat berperan dalam melindungi lingkungan alam dan ekosistem yang ada.

Prinsip ESG menjadi landasan bagi PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dengan memperhatikan faktor-faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik. Dengan demikian, perusahaan tidak hanya meminimalkan risiko, meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga membangun reputasi yang kuat.

Direktur Utama Jamkrindo, Akhmad Purwakajaya, menyatakan bahwa kolaborasi dengan Republika dan Plasticpay dalam program ‘Trash4Cash’ adalah salah satu strategi untuk meningkatkan keterlibatan pegawai dalam menerapkan prinsip-prinsip ESG. Program ini diluncurkan pada Hari Peduli Sampah Nasional tanggal 21 Februari 2024. Melalui program ini, setiap pegawai Jamkrindo dapat berkontribusi dalam pengolahan botol plastik dan mendapatkan insentif yang dapat dikonversi menjadi uang melalui mesin penukaran sampah botol plastik secara otomatis atau Reverse Vending Machine (RVM).

Pada masa pilot project yang berlangsung dari 2-16 Februari 2024, program Trash4Cash terbukti mendapatkan antusiasme yang tinggi. Sebanyak 29,99 kilogram atau 1.604 unit botol plastik berhasil ditukarkan, yang telah mengurangi jejak karbon sebesar 110.676 gram.

Akhmad juga menambahkan bahwa harapannya program ini tidak hanya memberikan insentif kepada pegawai, tetapi juga menanamkan kebiasaan penggunaan sampah plastik yang bijak dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memiliki dampak besar terhadap lingkungan yang lebih baik.

Selain itu, Jamkrindo juga telah melakukan pemetaan pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN dengan mencapai 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di Indonesia. Program ‘Trash4Cash’ merupakan bagian dari dukungan perusahaan terhadap pencapaian TPB di pilar lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like