Ekonomi Hijau

Great Eastern Life Indonesia Launching Dana Investasi Berbasis ESG dan Teknologi AI

Great Eastern Life Indonesia meluncurkan GreatLink SustAInability Equity Fund. Ini merupakan sub dana yang mengoptimalkan penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pengelolaan investasinya pada saham-saham yang mempertimbangkan aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

GreatLink SustAInability Equity Fund merupakan alternatif pilihan dana investasi bagi nasabah yang ingin mendapatkan tingkat hasil investasi yang optimal dengan tingkat risiko tinggi untuk investasi jangka panjang.

Untuk penempatan investasi pada GreatLink SustAInability Equity Fund, sebagian besar dana akan dialokasikan pada instrumen ekuitas dengan alokasi minimal 80% pada Efek Ekuitas dan maksimal 20% pada Pasar Uang.

ESG telah menjadi standar yang digunakan untuk menilai perusahaan atas komitmennya terhadap keberlanjutan, sehingga mampu menghasilkan produk/layanan yang berdampak positif bagi ekonomi, sosial, dan lingkungan.

ESG juga sering digunakan sebagai parameter untuk menilai ketahanan perusahaan dalam menghadapi krisis dan kemampuannya menciptakan kinerja profitabilitas jangka panjang.

Bursa Efek Indonesia (BEI) telah meluncurkan indeks saham berbasis aturan ESG yang bernama IDX ESG Leaders pada 14 Desember 2022. Indeks ini mengukur kinerja perusahaan-perusahaan di Indonesia yang menerapkan praktik ESG atau perusahaan dengan risiko ESG rendah.

Great Eastern Life Indonesia telah menerapkan praktik ESG dalam keberlangsungan bisnisnya berdasarkan tiga pilar keberlanjutan: lingkungan, sosial, dan tata kelola. Komitmen ini sejalan dengan janji merek Great Eastern Life Indonesia yang ingin menginspirasi masyarakat untuk meraih berbagai aspirasi dan menjadi hebat, “Reach for Great.”

Melalui berbagai inovasi dan program, Great Eastern Life Indonesia telah mengamplifikasi pesan bahwa menjadi hebat juga berarti peduli terhadap lingkungan dan sosial tempat operasional bisnis berjalan.

Peluncuran GreatLink SustAInability Equity Fund juga mencerminkan fokus Great Eastern Life Indonesia untuk memenuhi kepentingan nasabah dan masyarakat. Dana ini dirancang untuk nasabah yang ingin mendapatkan perlindungan sekaligus berinvestasi secara bijak dengan kontribusi terhadap lingkungan sosial yang berkelanjutan.

GreatLink SustAInability Equity Fund cocok untuk nasabah dengan profil risiko agresif yang memiliki tujuan investasi jangka panjang.

Selama periode peluncuran dana investasi GreatLink SustAInability Equity Fund, Great Eastern Life Indonesia akan memberikan total 144 Blue Carbon Package (116 untuk usia Great Eastern di Asia dan 28 untuk usia Great Eastern Life Indonesia di tahun 2024) kepada 144 nasabah pertama yang membeli produk GREAT Protection Link atau GREAT Investlink Protection dengan memilih GreatLink SustAInability Equity Fund sebagai dana investasinya.

Setiap Blue Carbon Package berisi tanaman ekosistem karbon biru yang terdiri dari 2 mangrove dan 1 seagrass dari Carbon Ethics yang membantu menciptakan udara bersih dan lingkungan yang lebih baik.

Nasabah yang sudah memiliki produk PAYDI/Unit Link di Great Eastern Life Indonesia dapat dengan mudah melakukan fund switch ke sub dana GreatLink SustAInability Equity Fund melalui Customer Portal GoGREAT! Services.

Selain meluncurkan dana investasi baru ini, Great Eastern Life Indonesia juga melakukan perubahan strategi alokasi investasi pada GreatLink Balanced Fund. Strategi ini difokuskan pada instrumen pendapatan tetap seperti Obligasi dan Pasar Uang untuk menjaga nilai pokok investasi nasabah, meskipun masih ada peluang untuk berinvestasi di sektor Efek Ekuitas secara selektif.

Presiden Direktur Great Eastern Life Indonesia, Nina Ong, mengatakan bahwa Great Eastern Life Indonesia senantiasa berinovasi guna menjawab kebutuhan nasabah dan berkontribusi secara nyata bagi lingkungan.

“Dengan peluncuran GreatLink SustAInability Equity Fund yang berinvestasi pada saham-saham yang berfokus pada ESG dengan didukung oleh teknologi AI, serta perubahan strategi alokasi investasi GreatLink Balanced Fund, kinerja investasi akan menjadi lebih optimal dan bisa membantu mewujudkan masa depan yang lebih baik, Reach for a Greater Tomorrow,” tutur Nina dalam siaran pers pada Kamis (16/5/2024).

Masyarakat dapat memilih dana investasi GreatLink SustAInability Equity Fund maupun GreatLink Balanced Fund pada produk GREAT Protection Link dan GREAT Investlink Protection melalui Bank OCBC yang memiliki 200 kantor cabang di 54 kota di seluruh Indonesia.

Untuk mengetahui dan menggali lebih dalam mengenai kebutuhan calon nasabah, Great Eastern Life Indonesia juga menyediakan Financial Advisor (FA) yang dapat membantu merekomendasikan produk yang tepat sesuai tujuan keuangan nasabah.

You may also like