Bisnis

Bank DKI Raih Penghargaan ESG Recognized Commitment

Penghargaan yang diraih Bank DKI didasarkan pada sejumlah indikator penilaian, yakni dekomposisi risiko ESG dan penilaian ESG report yang dilakukan oleh Litbang Investor Daily dengan bantuan dewan juri independen dan ahli di bidang ESG.

Bank DKI berhasil meraih penghargaan dari B-Universe sebagai pemenang kategori ESG Recognized Commitment dalam acara Investor Daily ESG Appreciation Night di Jakarta, pada tanggal 27 Februari 2024.

ESG UpdateBank DKI berhasil meraih penghargaan dari B-Universe sebagai pemenang kategori ESG Recognized Commitment dalam acara Investor Daily ESG Appreciation Night di Jakarta, pada Selasa (27/2/2024).

Acara tersebut diperuntukkan bagi perusahaan yang menerapkan nilai-nilai lingkungan, sosial, dan tata kelola, atau environmental, social, and governance (ESG) dalam operasionalnya.

“Atas apresiasi ini, kami mengukuhkan komitmen kami dalam mengintegrasikan faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG) ke dalam keputusan keuangan, termasuk peningkatan transparansi dalam laporan keuangan,” ujar Direktur Kepatuhan Bank DKI, Ateng Rivai, yang menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan yang diraih Bank DKI didasarkan pada sejumlah indikator penilaian, yakni dekomposisi risiko ESG dan penilaian ESG report yang dilakukan oleh Litbang Investor Daily dengan bantuan dewan juri independen dan ahli di bidang ESG.

Penilaian apresiasi mengacu pada nilai yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2023, mencakup risiko rendah, produk perusahaan yang sesuai dengan prinsip ESG, kegiatan sosial masyarakat yang dilakukan perusahaan, serta sertifikasi yang dimiliki perusahaan terkait ESG.

Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono, menyatakan bahwa Bank DKI memiliki peran strategis sebagai agen perubahan dalam mendukung visi keberlanjutan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam penerapan ESG.

”Bank DKI tidak hanya berperan sebagai entitas bisnis semata, namun juga mengemban tanggung jawab dalam pelayanan publik dengan terus mengimplementasikan Program Keuangan Berkelanjutan dengan menghadirkan inovasi produk dan layanan yang mendukung terhadap lingkungan, ekonomi, sosial, dan masyarakat,” ujar Amirul.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, menambahkan bahwa keberhasilan Bank DKI dalam meraih penghargaan menunjukkan komitmen terhadap prinsip ESG, salah satunya dilakukan melalui program CSR unggulan, yaitu Jakarta Koperasi Hidroponik (JAKONIK).

Program JAKONIK melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengembangkan kebun hidroponik yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Saat ini, JAKONIK telah memiliki sembilan kelompok anggota yang tersebar di sembilan wilayah rusun di Jakarta.

Para anggota JAKONIK telah dibekali pelatihan dan pendampingan untuk memaksimalkan hasil panen serta pengelolaan bisnis hidroponik dari hulu hingga hilir, dengan cakupan peran sebagai pusat pemasaran hidroponik, pusat pendampingan usaha hidroponik, penyedia layanan edukasi, serta penyedia sarana dan prasarana seperti pupuk, bibit, dan peralatan.

“JAKONIK diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi komunitas sekitar dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memberdayakan perekonomian lokal. Keberhasilan JAKONIK terbukti mampu membantu mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh,” tutup Arie.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like