Bisnis

Chandra Asri Raih Nilai B dalam ESG oleh Carbon Disclosure Project (CDP)

PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA) telah mencapai nilai B dalam pengungkapan perubahan iklim oleh Carbon Disclosure Project (CDP).

Andang Pungkase, Kepala ESG dan Keberlanjutan TPIA, menyatakan bahwa pengakuan ini menegaskan komitmen TPIA terhadap prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG). Hal ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam mengelola dampak lingkungan, menanggapi isu perubahan iklim dengan langkah-langkah proaktif, dan mencapai keberlanjutan.

“Pencapaian ini menempatkan TPIA pada posisi terdepan CDP di Indonesia dan sejajar dengan perusahaan kimia yang diakui secara global,” ujarnya dalam keterbukaan informasi di laman BEI, pada Rabu (13/3).

CDP adalah organisasi nirlaba internasional yang memfasilitasi pengungkapan informasi dampak lingkungan perusahaan. Mereka memiliki database lingkungan terluas di dunia dan dianggap sebagai standar terbaik dalam pelaporan lingkungan.

Rating CDP digunakan secara luas untuk membimbing pilihan investasi dan pengadaan menuju perekonomian yang berkelanjutan dan tahan terhadap perubahan iklim.

Andang menjelaskan bahwa pencapaian ini bukan hanya manifestasi dari upaya TPIA yang telah menempatkan praktik-praktik berkelanjutan sebagai bagian integral dari operasionalnya. Namun, juga mendorong Perseroan untuk meningkatkan kinerja ESG, terutama dalam strategi ketahanan terhadap perubahan iklim.

“Rating dari CDP ini memvalidasi efektivitas inisiatif keberlanjutan serta mengukuhkan komitmen Perusahaan sebagai mitra pertumbuhan bagi Indonesia, yang terus berupaya berkolaborasi dengan pemangku kepentingan untuk menciptakan ekosistem industri yang lebih berkelanjutan,” katanya.

Sebelumnya, TPIA telah mencatat beberapa prestasi terkait ESG. Pertama, peningkatan peringkat ESG MSCI menjadi BBB. Kedua, TPIA mempertahankan prestasinya sebagai perusahaan “risiko rendah” dari Sustainalytics dengan tingkat risiko ESG yang menurun dari 17,7 menjadi 16,6.

Ketiga, TPIA telah masuk sebagai salah satu emiten dalam kategori IDX ESG Leaders. Keempat, TPIA juga mempertahankan kepemimpinan sebagai perusahaan peringkat teratas ESG di industri kimia komoditas.

Selain itu, Chandra Asri Group juga meraih PROPER Emas dari Kementerian LHK pada tahun 2023.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like